Melek Digital Untuk StartUp Business - Cara Agar Bisnis Kita Dikenal Luas - Dewasa
ini piranti digital baik handphone, smart phone, notebook sudah banyak sekali
kita jumpai di kalangan masyarakat. Penggunaan piranti digital yang didukung
oleh akses internet memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita butuhkan
di internet. Kapan saja dan dimana saja kita dapat memanfaatkan internet
menggunakan piranti digital yang canggih saat ini. Berbeda dengan sepuluh tahun silam. Orang
baru mengenal sebuah handphone dan yang memiliki handphone jumlahnya masih
sedikit sekali, itupun belum secanggih sekarang ini. Walaupun sudah ada yang
canggih namun harganyapun masih selangit.
 |
Melek Digital Untuk StartUp Business - Cara Agar Bisnis Kita Dikenal Luas |
Nah sekarang ini piranti digital mudah dimiliki dan harganyapun
terjangkau. Banyak kita jumpai anak kecil sekarang handphonnya sudah canggih
dan penggunaan smartphone di Indonesia juga terus meningkat. Media internet
publik seperti warung internet (warnet) juga mudah kita jumpai di pelosok
daerah. Jika saya amati penggunaan internet di daerah saya khususnya di Klaten,
Jawa Tengah sudah mengalami kemajuan yang berarti. Penggunaan akses internet
baik menggunakan piranti digital mobile seperti handphone, smartphone, maupun
notebook sudah menjadi hal yang biasa. Sedangkan penggunaan internet di warnet
juga masih ramai, kebanyakan didominasi oleh anak-anak sekolah serta orang
dewasa.
Tetapi seiring perkembangan teknologi piranti digital juga
jaringan internet yang terus tumbuh pesat. Sedangkan penggunaan piranti digital
serta internet juga terus bertambah hal ini tentunya menjadi pertanyaan kita
semua, apa yang dilakukan kebanyakan pengguna internet saat ini? Untuk apa
mereka mengakses internet? Tentunya hal ini juga menjadi pertanyaan di benak
pembaca semua bukan?
Bila penulis perhatikan meningkatnya penggunaan internet di daerah
tempat saya tinggal saat ini, tidak lepas dari fenomena munculnya jejaring
sosial Facebook. Dari anak-anak, sampai dewasa semuanya menghabiskan waktu di
Facebook. Entah itu hanya sekedar update status, upload foto, bahkan main game.
Sedangkan penggunaan akses internet di warnet didominasi oleh para pelajar dan
sedikit orang dewasa. Para pelajar biasannya mencari bahan tugas sekolahan di
internet, ada juga yang memanfaatkannya untuk mendownload lagu-lagu, bahkan
juga tidak sedikit untuk bermain game online.
Melihat sedikit fakta diatas, penggunaan piranti digital dan akses
internet saat ini kebanyakan hanya masih sebatas untuk hiburan dan mencari
informasi, artinya masih sebagai pengguna. Masih sedikit sekali yang
memanfatkan media internet untuk mendukung bisnis usaha yang mereka miliki.
Padahal internet bisa dijadikan penunjang bisnis kita. Tidak sedikit yang
sukses dengan memanfaatkan media internet untuk bisnis. Lalu bagaimana cara
penggunaan internet untuk mendukung usaha bisnis kita? Ini adalah pertanyaan
umum yang ditanyakan kebanyakan orang, betul bukan?
 |
Barbagai macam piranti digital |
Untuk memberi pengertian pentingnya pemanfaatan media digital dan
internet kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidaklah semudah
yang dibayangkan. Terlebih melihat latar belakang pendidikan yang beraneka
ragam dan faktor lainnya. Tidak mungkin
kita mengajarkan penggunaan laptop dan internet kepada nenek-nenek/ibu-ibu
untuk mendukung usaha jualan sayurnya di pasar dan lain sebagainya. Bahkan yang
notabene lulusan perguruan tinggi sekalipun masih ada juga yang masih bingung
dengan komputer dan internet.
Perlu saya ceritakan sedikit, walaupun penulis lahir dari keluarga yang
sederhana dan cuma tamat pendidikan SLTP. Tidak ada sedikitpun dasar pengetahuan
komputer dan internet yang diperoleh dari bangku sekolah dan juga tidak pernah
mengikuti bimbingan belajar kursus komputer. Handphone canggih maupun komputer
sampai saat ini belum punya sendiri. Sedangkan ilmu komputer dan internet
penulis dapat dari autodidak di internet. Karena sudah senang dengan komputer
dan keinginan kuat untuk mau terus belajar maka semua bisa dicapai. Penulis
masih memanfaatkan warnet-warnet yang ada untuk mengakses internet.
Kembali ke topik permasalahan diatas, dan melihat pengguna
internet saat ini seperti yang telah penulis uraikan di atas, bahwa pengguna
internet saat ini didominasi oleh para pelajar, remaja, dan sedikit orang
dewasa. Kalau pelajar dan remaja jelas mereka sudah mendapatkan pelajaran
tentang internet di bangku sekolah. Sedangkan orang dewasa dipengaruhi oleh
latar belakang pendidikan sehingga mereka sudah bisa menggunakan media
internet. Sedangkan orang tua kita yang umurnya 50 tahun keatas? Walaupun orang
tua kita masih mampu bekerja tapi tidak mungkin orang tua kita mengerti apa itu
internet dan penggunaanya untuk mendukung usaha. Walau kita dengan antusias
menjelaskannya mereka, namun akan tetap sulit menerimanya. Mungkin mereka mampu
membeli piranti digital baik handphone, smartphone maupun notebook. Tetapi
untuk menggunakannya yang masih kesulitan, perlu belajar memang. Bahkan saya
menjumpai sendiri seorang pelaku usaha yang menggunakan smartphone ternama di
dunia tetapi dia Cuma bisa menggunakannya sekedar hanya untuk telepon dan
mengirim SMS.
 |
Gambar ilustrasi suasana di Warnet |
Lalu bagaimana agar kita semua tetap bisa memanfaatkan media
internet untuk mendukung usaha bisnis kita dan untuk memajukan UMKM di sekitar
kita? Pertama tentunya kita harus merubah mindset atau pola fikir kita terhadap
internet itu sendiri. Bahwa memang pada dasarnya internet itu bisa kita
manfaatkan untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Selain kita menggunakan
internet untuk mencari informasi yang kita butuhkan, alangkah baiknya kita juga
yang menjadi penyedia informasi. Kita bisa menginformasikan keberadaan usaha
kita di internet sehingga usaha kita akan lebih bisa dikenal luas betul bukan?
Nah hal inilah yang menjadi nilai tambah jika kita mau memanfaatkan internet
untuk menginformasikan/mempromosikan usaha milik kita atau apa saja yang
terjadi di sekitar kita, kita informasikan kepada semuanya melalui internet.
Yang menjadi pertanyaan berikutnya iyalah bagaimana cara kita
menggunakan internet untuk mempromosikan usaha kita? Ya, kita bisa
menginformasikan keberadaan usaha kita dengan banyak cara, antara lain kita
bisa membuat website/blog, pasang iklan online, menggunakan jejaring sosial
(facebook, twitter, google+) dll. Saat ini pengguna jejaring sosial Facebook di
Indonesia sudah banyak sekali. Dari anak-anak hingga dewasa semuanya sudah bisa
menggunakan Facebook, walau masih sekedar hanya update status, berkomentar dan
upload foto. tetapi jika mindset sudah dirubah kita bisa memanfaatkan jejaring
sosial Facebook untuk mendukung usaha bisnis kita. Misalnya membuat status
tentang usaha kita, produk dan jasa yang kita jual, upload foto barang yang
kita jual dan sebagainya. Hal ini akan bernilai positif daripada kita hanya
membuat status biasa. Kita juga bisa menawarkan kepada teman-teman Facebook
tentang apa yang kita jual. Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap
usaha bisnis kita.
 |
Social Network |
Pasang iklan online juga menjadi alternatif pilihan. Kita bisa
memanfaatkan situs-situs iklan online baik yang geratis maupun yang berbayar.
Contohnya kita bisa memasang iklan di tokobagus.com, berniaga.com, atau kita
juga bisa memanfaatkan forum jual beli semisal Kaskus. PPC (Pay Per Click)
merupakan layanan iklan baris tertarget berbayar, dimana iklan yang kita pasang
akan ditampilkan di website maupun blog yang mempunyai konten yang relevan
dengan iklan kita. Misalnya kita sebagai advertiser (pemasang iklan) PPC tentang
Hotel. Maka iklan kita akan tampil di website maupun blog publisher (penayang
iklan) yang mempunyai konten yang relevan tentang hotel. Contoh layanan PPC
terbesar saat ini dari Google adalah Adwords. PPC lokal juga ada contohnya
IdBlogNetwork, KlikSaya, AdsenseCamp, KumpulBlogger, Sitti, dan masih banyak
lagi.
Hal yang paling penting adalah kita harus mempunyai website atau
blog. Dengan website kita bisa menampilkan media teks, gambar, video secara
lengkap. Website ibaratnya rumah/toko online kita, sedangkan alamat website
(domain) di ibaratkan alamat rumah/toko online kita. Jika kita belum bisa
membuat website, kita bisa memanfaatkan jasa pembuatan website. Biaya pembuatan
website sekarang ini juga sangat terjangkau. Tentu saja untuk website juga ada
layanan yang berbayar maupun yang geratisan. Untuk layanan yang berbayar kita
harus menyiapkan dana untuk membeli domain dan biaya perpanjangan per tahunnya.
Disamping itu kita juga harus membayar sewa hosting tempat website kita. Untuk
layanan gratis juga kita bisa memanfaatkan blogspot, wordpress, blogdetik dan
masih banyak lagi. Dilihat dari segi kegunaan website maupun blog yang berbayar
maupun yang gratisan yang mempunyai fungsi sama, tentu saja hal tersebuat akan
berpengaruh terhadap image kita. Untuk langkah awal kita masih bisa
memanfaatkan layanan gratisan semisal dari layanan blog yang sudah sangat
terkenal yaitu Blogspot. Maka contoh domain blog kita nantinya akan
seperti http://gunklaten.blogspot.com , dan jika usaha kita telah berkembang maka kita harus bepindah
ke layanan yang berbayar contohnya http://www.gunklaten.com agar image kita terlihat profesional dan calon pembeli akan
percaya terhadap apa yang kita tawarkan.
Jika kita sudah mempunyai website maka kita tinggal optimasi
website kita agar mendapat trafik kunjungan yang banyak. Dengan kunjungan yang
banyak per hari ke website kita maka besar kemungkinan apa yang kita tampilkan
di website akan dibaca dan di kenal luas. Lalu bagaimana caranya agar website
maupun blog kita bisa mendapat kunjungan trafik yang berlimpah? Kita bisa
melakukannya dengan cara promosi website kita dan juga dengan cara memberi
sentuhan SEO terhadap website. Apa itu SEO? SEO kependekan dari Search Engine
Optimization, atau bahasa kita istilahnya optimasi mesin pencari. Dimana dengan
teknik SEO website maupun blog kita akan bisa ditemukan oleh pencari informasi
melalui mesin pencari misalnya Google. Dengan teknik SEO yang tepat maka website
kita akan ditempatkan pada urutan teratas SERP (Search Engine Result Page).
 |
Search Engine Optimization (SEO) |
Apakah SEO itu mudah, apakah ada rumus yang pasti untuk SEO?
Pertanyaan tersebut sering sekali kita dengar. Dilihat SEO itu mudah apakah
sulit jawabannya relatif. Ya karena teknik SEO sendiri terbagi kedalam dua
kategori yaitu teknik onpage dan offpage. Teknik onpage bisa dilakukan terhadap
website itu sendiri, misalnya rajin memperbarui isi postingan website maupun
blog, membuat konten yang berkualitas tidak copy paste terhadap konten lain.
Penataan navigasi yang mudah, penataan struktur website (meta tag keyword, meta
tag deskripsi, dll). Sedangkan untuk teknik offpage bisa dilakukan dengan cara
promosi website kita. Promosi bisa dilakukan salah satunya dengan cara blogwalking,
meninggalkan jejak komentar di website atau blog lain dan menyisipkan link yang mengarah ke website
maupun blog yang kita miliki, sehingga website dan blog kita mempunyai
backlink. Apakah teknik diatas mudah dilakuakan? Dengan kesabaran dan ketekunan
membangun website pastinya website kita akan mempunyai kekuatan SEO di SERP
mesin pencari.
Menjawab pertanyaan yang ke dua, apakah ada rumus yang pasti untuk
SEO? Jawabannya tidak ada! Jika anda bertanya ke pakar SEO sekalipun mereka
juga akan bilang begitu. Karena SEO itu selalu mengikuti perkembangan algoritma
yang terus diperbarui yang digunakan mesin pencari contohnya Google. Dari waktu
ke waktu Google terus memperbarui algoritmanya agar bisa menyajikan hasil
pencarian yang seakurat mungkin sesuai apa yang di cari. Algoritma Google saat
ini terkenal dengan nama penguin untuk mendampingi algoritma Google yang
sebelumnya dengan nama Panda.
Contoh dari teknik SEO yang tepat terhadap website maupun blog
kita bisa sedikit saya jelaskan berikut ini.
Misal ada seorang pengguna internet di Jakarta mencari informasi
di Google tentang "pusat kerajinan kayu", lalu ia memasukkan kata
kunci atau keyword di Google. Maka mesin pencari Google akan menyajikan hasil
pencarian (SERP) yang cocok dengan kata kunci “pusat kerajinan kayu” seperti
pada gambar dibawah ini.
 |
Hasil SERP di Google dengan kata kunci "pusat kerajinan kayu"
klik pada gambar untuk memperbesar |
Ada lagi misalnya seseorang yang akan berkunjung ke suatu kota dan
mencari informasi tentang "alamat hotel" di kota tersebut dan dia
mencari informasi melalui Google dengan memasukkan kata kunci “alamat hotel di
Klaten” maka hasil pencarian seperti pada gambar di bawah ini.
 |
Hasil SERP di Google dengan kata kunci "alamat hotel di klaten"
klik pada gambar untuk memperbesar |
Satu lagi kita ambil contoh, misalnya ada seseorang yang mempunyai
peralatan elektronik yang rusak dirumahnya, lalu ia hendak mencari informasi
tentang servis elektronik di tempat ia tinggal. Orang tersebut mencari di
Google dengan kata kunci “tempat servis elektronik di Klaten” hasil SERP-nya
seperti pada gambar di bawah ini.
 |
Hasil SERP di Google dengan kata kunci "tempat servis elektronik di Klaten"
klik pada gambar untuk memperbesar |
Dengan teknik SEO yang tepat maka website maupun blog kita akan
menduduki urutan teratas hasil SERP. Maka website maupun blog kita akan
mendapat trafik pengunjung dari mesin pencari. Bayangkan misalnya yang
menduduki urutan teratas tersebut adalah website milik anda? Website anda
misalnya menjual produk kerajinan kayu, atau website anda misalnya tentang layanan
Hotel milik anda, atau mungkin website tersebut berisikan layanan jasa servis
elektronik milik anda? Usaha bisnis anda akan lebih di kenal luas kan, dengan
memanfaatkan media internet?
Berbeda halnya jika anda masih memakai teknik konvensional selama
ini seperti memasang iklan di pinggir-pinggir jalan, pusat keramaian, beriklan
di media masa seperti koran, radio, atau bahkan anda memakai jasa sales untuk
mempromosikan produk anda dari rumah ke rumah. Hal itu akan tidak lagi efektif
mengingat berapa biaya pasang iklan di radio, koran, pinggir jalan dll? Dan
juga uang anda akan habis untuk membayar seorang sales. Bayangkan berapa
jangkauan cara konvensional tersebut? Dan bandingkan dengan cara promosi
menggunakan internet. Anda pasti bisa membayangkannya sendiri.
 |
Iklan baliho semrawut |
Selanjutnya untuk memulai bisnis kita di internet
langkah-langkahnya bagaimana? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut
perhatikanlah beberapa pertanyaan yang umum yang ada.
- Apakah saya harus
mempunyai website atau blog untuk usaha saya? Jawabannya: ya, untuk mendukung
kemajuan usaha bisnis anda, anda harus mempunyai website atau blog sendiri.
- Saya tidak bisa
membuat website maupun blog, bagaimana solusinya? Jawaban: ada banyak sekali
jasa pembuatan website maupun blog saat ini yang harganyapun terjangkau. Anda
juga bisa kursus belajar membuat blog yang mudah.
- Berapa biaya yang
dibutuhkan untuk membuat website? Jawaban: pertama kita harus membeli sebuah
domain harganya tidak lebih dari RP 100.000,- dan biaya perpanjangannya per
tahun sebesar kurang lebih RP 80.000,- . sedangkan untuk sewa hosting
tergantung besarnya kapasitas dan bandwidth. Semakin besar kapasitas website
dan bandwidth yang diperlukan juga semakin besar pula biaya hosting yang
diperlukan. Tetapi jika anda masih keberatan anda bisa memanfaatkan layanan
blog gratisan terlebih dahulu untuk belajar, anda bisa menggunakan blogspot dan
juga wordpress yang gratis dan mudah di kustomisasi. Anda tidak usah memikirkan
biaya domain dan sewa hosting, tetapi jika usaha bisnis anda telah berkembang
maka anda harus berpindah ke layanan yang berbayar demi profesionalitas bisnis
anda.
- Apa yang saya
lakukan jika sudah memiliki website ataupun blog? Jawaban: jika anda telah
mempunyai website maupun blog, anda harus rajin-rajin mengupdate isi konten
website maupun blog serta rajin-rajin promosi ke siapa saja baik secara offline
maupun online.
- Apakah saya harus
mempunyai peralatan yang mendukung misalnya laptop, akses internet dll?
Jawaban: demi kelancaran semuanya anda harus mempunyai peralatan tersebut,
tetapi jika anda belum sanggup hal itu tidak menjadi masalah yang berarti. Anda
masih bisa memanfaatkan warnet-warnet yang ada di sekitar lingkungan anda.
- Umur saya sudah
terlalu tua, saya tidak sanggup lagi untuk mempelajari komputer dan internet.
Bagaimana solusinya? Jawaban: anda bisa mengarahkan putra-putri anda semua
untuk mempelajari semua itu. Memberi pelajaran usia dini terhadap putra-putri
anda semua tentang pentingnya pemanfaatan media internet untuk hal-hal yang
positif tentunya akan lebih bermakna.
- Apa saja yang
bisa dijual di internet? Jawaban : tentunya kita bisa menjual barang apa saja
yang mempunyai nilai jual. Jika kita tidak mempunyai barang sendiri, kita bisa
menjualkan barang milik orang lain. Selain barang yang bisa dijual, tentunya
kita juga bisa menjual jasa.
- Bagaimana sistem
pembayaran dan pengiriman pesanan barangnya? Jawaban : untuk pembayaran anda
bisa memanfaatkan transfer antar bank sedangkan pengiriman barang anda bisa
menggunakan jasa pengiriman barang semisal Tiki. Tentunya sesama penjual dan
pembeli harus ada salaing percaya.
Setelah melihat sedikit permasalahan umum diatas tentunya kita
bisa melihat kelebihan maupun kekurangan kita masing-masing. Selanjutnya untuk
memulai bisnis di internet tentunya pertama kali kita harus bisa mengoprasikan
komputer dan internet. Setelah itu merancang website maupun blog. Pemilihan
nama domain dan hosting yang tepat. Setelah website bisa beroprasi tentunya
kita harus rajin-rajin mengupdate isi konten dengan hal-hal yang baru serta
mempromosikan website kita. Memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook untuk
berpromosi dan mengarahkannya ke website atau blog milik kita. Setelah
poin-poin diatas terpenuhi maka kita sudah bisa memanfaatkan media internet
untuk mendukung kegiatan bisnis kita secara online.
Mengingat jangkauan internet yang seluruh dunia dan 24 jam nonstop
maka website kita bisa diakses dari manapun asalkan tersedia koneksi internet.
Kalau usaha kita sudah bisa dikenal luas maka usaha bisnis anda sudah barang
tentu akan berkembang, penjualan produk maupun jasa akan meningkat dan
berdampak terhadap kemajuan bisnis anda karena telah memanfaatkan media digital
dan internet.
 |
internet marketing |
Dibawah ini saya sertakan tutorial video Youtube yang mungkin sangat berguna bagi anda semuanya, diantaranya:
Cara membuat akun email Google di Gmail
Kesimpulannya sekarang iyalah bahwa di jaman
yang sudah modern dan canggih sekarang ini, kita harus bisa mengikuti
perkembangan jaman. Kita manfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung usaha
bisnis kita. Penggunaan internet untuk hal-hal positif misalnya untuk
mempromosikan usaha bisnis kita tentunya akan berdampak positif pula terhadap
bisnis kita. Kita jangan takut karena kita gaptek terhadap teknologi menjadikan
kita malas untuk belajar. Bahwa belum tentu yang latar belakang pendidikannya
tinggi terus ahli menguasai media digital dan internet. Dan sebaliknya yang
latar belakang pendidikannya rendah terus gaptek dan mustahil bisa menguasai
dunia internet. Asalkan mempunyai kemauan untuk terus belajar maka semua itu
akan mudah dipelajari. Sedikit saran dari penulis iyalah manfaatkanlah
sebaik-baiknya teknologi yang ada saat ini untuk hal-hal yang positif. Sebagai
penutup tulisan ini saya ucapkan terimakasih kepada pembaca semuanya yang telah
meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang berjudul "Melek Digital Untuk StartUp Business - Cara Agar Bisnis Kita Dikenal Luas" ini, terimakasih.
# Artikel yang berjudul "Melek Digital Untuk StartUp Business - Cara Agar Bisnis Kita Dikenal Luas" ini di ikutsertakan dalam lomba blog dari Dunia Axis “Melek Digital untuk Startup Business Blog Competition”